da Anastan forte kaplet | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » » Anastan forte kaplet

Anastan forte kaplet


ANASTAN Forte kaplet
(Mefenamic acid) 500 mg

Obat Anastan forte - Obat yang berfungsi sebagai Analgesik, Antiinflamasi dan antipiretik

KOMPOSISI
Tiap kaplet mengandung Mefenamic Acid 500 mg


INDIKASI
Meredakan nyeri ringan sampai sedang sehubungan dengan sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer, termasuk nyeri karena trauma dan antipiretik.

CARA KERJA OBAT
Mefenamic Acid merupakan kelompok antiinflamsi non steroid, bekerja dengan cara menghambat sintesis prostaglandin dalam jaringan tubuh dengan menghambat enzyme siklooksigenase sehingga mempunyai efek analgesic, antiinflamasi dan antipiretik.


POSOLOGI / ATURAN PAKAI
Dewasa dan anak anak > 14 tahun :
Dosis awal : 500 mg kemudian 250 mg tiap 6 jam sesuai dengan kebutuhan.

PERINGATAN
EFEK KARDIOVASKULAR
-         Kejadian trombotik Kardiovaskular
Uji klinis dengan berbagai COX-2 selektif dari AINS non-selektif sampai dengan tiga tahun menunjukkan peningkatan risiko trombotik kardiovaskular (KV), infark miokard dan stroke yang dapat berakibat fatal. Semua AINS , baik COX-2 selektif maupun non selektif, dapat menyebbkan risiko yang sama.  Risiko meningkat pada pasien dengan penyakit KV atau memiliki factor risiko penyakit KV. Untuk mengurangi risiko efek samping tersebut, AINS harus diberikan dengan dosis efektif terendah dan lama pengobatan sesingkat mungkin. Dokter dan pasien harus waspada terhadap terjadinya efek samping tersebut, walaupun tidak ada gejala KV sebelumnya. Pasien harus diberi informasi mengenai tanda dan/ atau gejala KV serius dan langkah yang harus dilakukan jika tanda dan / atau gejal ateresebut muncul.

Tidak ada bukti bahwa penggunaan bersama asetosal dapat mengurangi peningkatan efek samping trobotik KV serius oleh AINS. Penggunaan AINS bersama dengan asetosal justru meningkatan risiko efek samping serius paa saluran cerna

Dua uji klinis yang besar dan berkembang dengan AINS yang COX-2 selektif untuk pengobatan nyeri 10-14 hari setelah bedah pintas koroner (bypass) menunjukkan peningkatan kejadian infark miokard dan stroke.

-         Hipertensi
AINS termasuk MEFENAMIC ACID, dapat menyebabkan munculnya hipertensi baru atau memperberat hipertensi yang sudah ada yan dapat berakkibat pada peningkatan efek samping KV, AINS dapat menurunkan efek antihipertensi tiazid atau diuretic kuat, AINS, termasuk MEFENAMIC ACID, harus digunakan dengan hati hati paa pasien hipertensi. tekanan darah harus di monitor sejak awal dan selama terapi dengan AINS.

-         Gagal Jantung Kongestif dan Edema
Retensi cairan dan edema telah terlihat pada beberapa pasien yang menggunakan AINS, ANASTAN FORTE Kaplet harus digunakan dengan hati hati pada pasien dengan retensi cairan atau gagal jantung.

-         Saluran Cerna – Risiko Ulserasi, Perdarahan dan Perforasi
AINS termasuk MEFENAMIC ACID, dapat menyebabkan efek samping saluran cerna serius termasuk inflamasi, perdarahan, ulserasi, dan perforasi lambung dan usus yang dapat berakibat fatal. Efek samping serius ini dapat terjadi kapanpun, dengan atau tanpa gejala peringatan. Hanya satu dari 5 pasien yang megnalami efek samping serius pada saluran cerna atas menunjukkan gejala. Ulkus pada saluran cerna atas, perdarahan atau perforasi yang disebabkan AINS terjadi paa sekita r 1% paasien yang diobati selama 3-6 bulan, dan pada kira kira 2-4% pasien yang diobati selama satu tahun. Penggunaan yang lebih lama cenderung meningkatkan kemungkinan rerjadi efek samping saluran cerna serius. Namun terapi jangka pendek bukan berarti tanpa risiko.

AINS harus diresepkan dengan sangat hati hati pada pasien yang memiliki riwayat penyakit tukak atau perdarahan saluran cerna. Pasien dengan riwayat tukak peptic dan atau perdarahan saluran cerna yang menggunakan  AINS  memiliki risiko terjadinya perdarahan saluran cerna 10 kali lipat dibandingkan dengan pasien tanpa factor risiko tersebut. Faktor lain yang meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna adalah penggunaan bersama kortikosteroid atau antikoagulan oral, penggunaan  AINS  yang lama , merokok, penggunaan alcohol usia lanjur, dan status kesehatan yanb buruk. Sebagian besr laporan spontan efek samping saluran cerna fatal terjadi pada pasien usia lanjut atau pasien yang sangat lemah. Oleh karena itu, perhatia khusus harus diberikan pdalam mengobati polupasi ini.

Untuk mengurangi risiko efek samping saluran cerna pada pasien yang diobati dengan AINS, dosis efektif terendah harus diberikan dengan lama pengobatan sesingkat mungkin. Dokter dan pasien harus waspada terhadap tanda dan gejala ulserasi dan perdarahan saluran cerna selama terapi dengan AINS. Jika dicurigai adanya efek samping salruan cerna yang serius, segera  dilakukan evaluasi serta pengobatann tambahan. Untuk pasien berisiko tinggi terapi alternative yang tidak melibatkan AINS dapat dipertimbangkan.


PERINGATAN DAN PERHATIAN
-         Sebaiknya diminum sesudah makan.
-         Hati hati jika digunakan paa wanita hamil dan menyusui
-         Keamanan penggunaan pada anak dibawah 14 tahun belum diketahui dengan pasti.


EFEK SAMPING
-         Sistem pencernaan : mual, muntah, diare dan rasa sakit paa abdominal
-         System hematopoetik : leukopenia, eosinophil , thrombocytopenia, dan agranulocytopenia
-         System saraf  : rasa megnantuk, pusing , penglihatan kabur dan insomnia


KONTRAINDIKASI
-         Pasien yang hipersensitif terhadap Mefenamic Acid
-         Pasien yang dengan aspirin mengelami bronkospasme, alergi rhinitis dan urtikaria.
-         Penderita tukak lambung dan usus
-         Penderita dengan gangguan ginjal


INTERAKSI OBAT
Penggunaan bersamaan denganantikoagulan oral dapat memperpanjang protrombi


OVERDOSIS
Jika terjadi overdosis maka pasien harus dirangsang muntah atau pasien diberi arang aktir (karbo absorben) untuk menyerap obat.


CARA PENYIMAPAN
Simpan pada suhu dibawah 30 0C, ditempat tertutup dan terlindung cahaya.


KEMASAN
Dus isi 10 strip @ 10 kaplet.

No. Reg. DKL 9207802304
loading...

0 komentar :

Post a Comment