da obat Mefinal kaplet | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » » obat Mefinal kaplet

obat Mefinal kaplet

Informasi obat paten (leaflet) di borneo sf

MEFINAL 500

Mefenamic acid
Kaplet salut film

obat mefinal - obat analgesik, antipiretik, antiinflamasi 


KOMPOSISI
Tiap kaplet salut film mengandung :
Asam mefenamat                                              500 mg


FARMAKOLOGI
MEFINAL 500 mengandung Asam Mefenamat, merupakan kelompok anti-inflamasi non-steroid, yang bekerja dengan cara menghambat sintesa prostaglandin dalam jaringan tubuh dengan menghambat enzim siklo-oksigenase sehingga mempunyai efek analgesic, anti-inflamasi dan antipiretik.


INDIKASI
Meredakan nyeri ringan sampai sedang sehubungan dengan sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer, termasuk nyerikarena trauma, nyeri otot dan nyeri sesudah operasi.


DOSIS
Dewasa dan anak anak > 14 tahun :
Dosis awal 500 mg, kemudian dianjurkan 250 mg tiap 6 jam sesuai dengan kebutuhan.


KONTRAINDIKASI
-         Pasien yang hipersesitif terhadap Asam mefenamat,
-         Penderita yang dengan aspirin mengalami bronkospame, alergi rhinitis dan urtikaria.
-         Penderita dengan tukak lambung dan usus
-         Penderita dengan gangguan ginjal yang berat.


EFEK SAMPING
-         System pencernaan : mual, muntah, diare dan rasa sakit pada abdominal
-         System hematopoletik : leukopenia, eosinophilia, trombositopenia dan agranulositopenia.
-         System saraf : rasa mengantuk, pusing, penglihatan kabur dan insomnia.


PERHATIAN DAN PERINGATAN
-         Sebaiknya diminum sesudah makan.
-         Hati hati penggunaanya pada wanita hamil dan menyusui.
-         Keamanan penggunaan pada anak anak di bawah 14 tahun belum diketahui dengan pasti.

-         Efek Kardiovaskular
Uji klinis dengan berbagai COX-2 selektif dari AINS non-selektif sampai dengan tiga tahun menunjukkan peningkatan risiko trombotik kardiovaskular (KV), infark miokard dan stroke yang dapat berakibat fatal. Semua AINS , baik COX-2 selektif maupun non selektif, dapat menyebbkan risiko yang sama.  Risiko meningkat pada pasien dengan penyakit KV atau memiliki factor risiko penyakit KV. Untuk mengurangi risiko efek samping tersebut, AINS harus diberikan dengan dosis efektif terendah dan lama pengobatan sesingkat mungkin. Dokter dan pasien harus waspada terhadap terjadinya efek samping tersebut, walaupun tidak ada gejala KV sebelumnya. Pasien harus diberi informasi mengenai tanda dan/ atau gejala KV serius dan langkah yang harus dilakukan jika tanda dan / atau gejala tersebut muncul.

Tidak ada bukti bahwa penggunaan bersama asetosal dapat mengurangi peningkatan efek samping trobotik KV serius oleh AINS. Penggunaan AINS bersama dengan asetosal justru meningkatan risiko efek samping serius pada saluran cerna

Dua uji klinis yang besar dan berkembang dengan AINS yang COX-2 selektif untuk pengobatan nyeri 10-14 hari setelah bedah pintas koroner (bypass) menunjukkan peningkatan kejadian infark miokard dan stroke.

Hipertensi

AINS termasuk MEFINAL 500, dapat menyebabkan munculnya hipertensi baru atau memperberat hipertensi yang sudah ada yan dapat berakkibat pada peningkatan efek samping KV, AINS dapat menurunkan efek antihipertensi tiazid atau diuretic kuat, AINS, termasuk MEFINAL 500, harus digunakan dengan hati hati paa pasien hipertensi. tekanan darah harus di monitor sejak awal dan selama terapi dengan AINS.

Gagal Jantung Kongestif dan Edema
Retensi cairan dan edema telah terlihat pada beberapa pasien yang menggunakan AINS, MEFINAL 500 Kaplet harus digunakan dengan hati hati pada pasien dengan retensi cairan atau gagal jantung.

-         Efek pada Saluran Cerna

Risiko Ulserasi, Perdarahan dan Perforasi

AINS termasuk MEFENAMIC ACID, dapat menyebabkan efek samping saluran cerna serius termasuk inflamasi, perdarahan, ulserasi, dan perforasi lambung dan usus yang dapat berakibat fatal. Efek samping serius ini dapat terjadi kapanpun, dengan atau tanpa gejala peringatan. Hanya satu dari 5 pasien yang megnalami efek samping serius pada saluran cerna atas menunjukkan gejala. Ulkus pada saluran cerna atas, perdarahan atau perforasi yang disebabkan AINS terjadi paa sekita r 1% paasien yang diobati selama 3-6 bulan, dan pada kira kira 2-4% pasien yang diobati selama satu tahun. Penggunaan yang lebih lama cenderung meningkatkan kemungkinan rerjadi efek samping saluran cerna serius. Namun terapi jangka pendek bukan berarti tanpa risiko.

AINS harus diresepkan dengan sangat hati hati pada pasien yang memiliki riwayat penyakit tukak atau perdarahan saluran cerna. Pasien dengan riwayat tukak peptic dan atau perdarahan saluran cerna yang menggunakan  AINS  memiliki risiko terjadinya perdarahan saluran cerna 10 kali lipat dibandingkan dengan pasien tanpa factor risiko tersebut. Faktor lain yang meningkatkan risiko perdarahan saluran cerna adalah penggunaan bersama kortikosteroid atau antikoagulan oral, penggunaan  AINS  yang lama , merokok, penggunaan alcohol usia lanjur, dan status kesehatan yanb buruk. Sebagian besr laporan spontan efek samping saluran cerna fatal terjadi pada pasien usia lanjut atau pasien yang sangat lemah. Oleh karena itu, perhatia khusus harus diberikan pdalam mengobati polupasi ini.

Untuk mengurangi risiko efek samping saluran cerna pada pasien yang diobati dengan AINS, dosis efektif terendah harus diberikan dengan lama pengobatan sesingkat mungkin. Dokter dan pasien harus waspada terhadap tanda dan gejala ulserasi dan perdarahan saluran cerna selama terapi dengan AINS. Jika dicurigai adanya efek samping salruan cerna yang serius, segera  dilakukan evaluasi serta pengobatann tambahan. Untuk pasien berisiko tinggi terapi alternative yang tidak melibatkan AINS dapat dipertimbangkan.


INTERAKSI OBAT
Penggunaan bersamaan dengan antikoagulan oral dapat memperpanjang protrombin.


OVERDOSIS
Jika terjadi overdosis maka pasien harus dirangsang muntah atau pasien diberi arang aktif (karbo-adsorben) untuk menyerap obat.


PENYIMPANAN
Simpan pada suhu kamar (25 – 300C)


KOTAK PERINGATAN
Resiko Kardiovaskuler
-         AINS dapat menyebabkan peningkatan resiko trombotik kardiovaskuler serius infark miokard, dan stroke, yang dapat berakibat fatal. Resiko ini meningkat dengan lamanya penggunaan. Pasien dengan penyakit kardiovaskular atau yang memiliki factor resiko penyakit kardiovaskuler
-         Menfinal 500 dikontraindikasikan untuk pengobatan nyeri peri-operatif pada bedah pintas koroner.

Resiko pada Saluran cerna
-         AINS menyebabkan peningkatan resiko efek samping serius pada saluran cerna, termsuk perdarahan, ulseratif, dan perforasi lambung atau usus, yang dapat berakibat fatal. Efek samping ini dapat terjadi kapanpun selama penggunaan, tanpa adanya gejala peringatan . pasien lansia beresiko lebih besar untuk efek samping serius pada saluran cerna


JENIS OBAT
Obat Keras


KEMASAN

DUS isi 10 strip @ 10 kaplet
loading...

0 komentar :

Post a Comment