da obat Gludepatic tablet | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » » obat Gludepatic tablet

obat Gludepatic tablet

informasi obat di Bornesf

GLUDEPATIC 500

Metformin HCl 500 mg
Tablet salut selaput

obat Gludepatic - merupakan obat antidiabetik oral


KOMPOSISI
Tiap tablet salut selaput mengandung :
Metformin  hydrochloride          500 mg


FARMAKOLOGI
Gludepatic 500 adalah antidiabetik oral golongan biguanide, dapat menurunkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes tertama dengan meningkatkan aksi insulin. Juga memperbaiki sensitifitas terhadap insulin, sehingga mengurani gluconeogenesis di hati, meningkatkan glikolisis dan menghambat absopsi glukosa dari usus.


INDIKASI
1.      Terapi awal bagi mereka yang baru saja ddiagnosa mengidap diabetes yang telah lanjut.
2.      Sebagai obat tunggal dalam hal kegagalan primer atau sekunder pada pemakaian sulfonylurea
3.      Sebagai obat kombinasi dengan sulfonylurea
4.      Sebagai obat pembantu pada penderita diabetes dengan ketergantungan terhadasp insulin dengan tujuan agar dapat mengurani dosis insulin yang dibutuhkan.


DOSIS DAN CARA PEMBERIAN
Tablet 500 mg sehari 3 kali sehari.

catatan :
Dalam pengobatan kombinasi dengan sulfonylurea atau insulin, kadar gula darah harus diamati mengingat kemungkinan timbul hipoglikemia. :
1.       kenaikan dosis harus tiga kali sehari biasanya cukup untuk mengendalikan dengan baik penyakit diabetes. Hal ini dapat dicapai dalam beberapa hari, tetapi tidak jarang efek penuh ini baru muncul dalam 2 minggu. Apabila hasil yang diinginkan tidak tercapai, dosis dapat dinaikkan secara berhati hati sampai maksimum 3 g sehari. Apabila gejala diabetes telah dapat dikontrol ada kemungkinan dosis dapat diturunkan.
2.      Apabila pengobatan kombinasi dengan sulfonylurea tidak memuaskan, pada awalnya ditambahkan satu tablet Gludepatic 500 kemudian dosis dianikkan perlahan lahan sampai diperoleh control yang optimal . seringkali dosis sulfonylurea dapat dikurangi dan pada beberapa pasien bahkan tidak perlu diberikan lagi. Pengobatan dapat dilanjutkan dengan Gludepatic 500 sebagai obat tunggal.
3.      Apabila diberikan bersamaan dengan insulin, ikuti petunjuk berikut ini :
a.       Bila dosis insulin kuran dari 60 unit sehari, awali dengan tablet Gludepatic 500. Kemudian dosis insulin dikurangi secara berangsur angsur (4 unit setiap 2-4 hari). Pemakaian tablet dapat ditambah setiap interval mingguan.
b.      Bila dosis insulin lebih dari 60 unit sehari, pemberia gludepatic500 adakalanya menyebabkan penurunan gula darah dengan cepat. Pasien demikian harus diobservasi secara berhati hati selama 24 jam pertama pemberian Gludepatic 500 sesudah itu dapat diikuti petunjuk pada butir a diatas.

Dosis Percobaan Tunggal

Pemberian kadar gula darah setelah pemberian suatu dosis tunggal untuk percobaan tidak akan memberikan petunjuk apakah seorang penderita diabetes memberikan respon terhadap Gludepatic500 selama beberapa minggu, karena itu dosis percobaantungal tidak dapat digunakan sebagai penilaian.


PERINGATAN DAN PERHATIAN
-         Pemberian harus diberikan secara hati hati pada pasien dengan fungsi ginjal yang tidak sempurna.
-         Meskipun pasien yang mendapatkan pengobatan dengan metformin dalam jangka panjang dianjurkan untuk memeberikan setiap tahun kadar B12 dalam serumnya, penggunaan metformin secara luas selama 15 tahun belum pernah ditemukan kasus anemia pernisiosa yang disebabkan oleh metformin
-         Mengingat adanya kemungkinan hipoglikemia pada pengobatan kombinasi Gludepatic500 dengan Sulfonilurea atau insulin, kadar gula darah harus dimonitor.
-         Pada pengobatan kombinasi Gludepatic 500 dengan insulin pasien sebaiknya dirawat inap sampai tercapai kemantapan terapi.
-         Penggunaan metformin tidak dianjurkan pada kehamilan dan selama menyusui.
-         Mengingat kemungkinan terjadinya interaksi antara metformin dan anti koagulan tertentu, mungkin diperlukan penyesuaian dosis antikoagulan.
-         Perlu hati hati juga untuk orang orang usia lanjut, infeksi serius dan dalam keadaan trauma.


EFEK SAMPING
Asidosis laktat dengan gejala gejala mual, muntah, sakit perut, diare, anoreksia, penurunan penyerapan vitamin B12


KONTRAINDIKASI
-         Gangguan fungsi ginjal, penyakit hati kronik, kegagalan jantung, miokardial infark.
-         Diabetes mellitus dengan komplikasi asidosis, infeksi , gangrene atau selama pembedahan
-         Kehamlan , koma diabetic, insulin idpendent diabetes, hipoksia jraingan, alkoholisme dan pemakaian bersama diuretic yang dapat menyebabkan asidosis laktat


INTERAKSI OBAT
Senyawa yang dapat mempengaruhi aksi obat golongan biguanida adalah monoamine oksidase inhibitor, salisilat dan alcohol


PENYIMPANAN
Simpan pada suhu di bawah 300C


JENIS OBAT
Obat Keras


KEMASAN
Dus, isi 10 blister @ 10 tablet salut selaput




loading...

0 komentar :

Post a Comment