da Actifed plus Cough Suppresant (Merah) | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » , » Actifed plus Cough Suppresant (Merah)

Actifed plus Cough Suppresant (Merah)

ACTIFED plus Cough Suppressant (Merah)
Triprolidine HCl
Pseudoephedrine HCl
Dextromethorpan HBr


KOMPOSISI
Actifed plus cough suppressant setiap satu sendok takar 5 mL sirup berwarna merah mengandung
Triprolidine HCl                                    1,25 mg
Pseudoephedrine HCl                           30 mg
Dextromethorphan HBr                        10 mg
Ethanol                                9,9% v/v

Perhatian untuk pemakaian Pseudoephedrine
- bentuk sediaan untuk dewasa : 30 mg per takaran 3 x sehari.
- bentuk sediaan untuk anak 6 – 12 tahun : 15 mg per takaran 3 x sehari
- bentuk sediaan untuk anak 2 – 6 tahun : 7,5 mg per takaran 3 x sehari.


INDIKASI Actifed plus Cough Suppressant

Actifed diindikasikan untuk meringankan pilek dan batuk gatal & kering.


DOSIS DAN CARA PEMAKAIAN

Dewasa dan anak anak di atas 12 tahun :
1 sendok takar (5mL) 3 kali sehari.
Anak anak di bawah 12 tahun :
6 sampai 12 tahun : ½ sendok takar (2,5 mL) 3 x sehari.
2 sampai 6 tahun   : ¼ sendok takar (1,25 mL) 3 x sehari
Tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun.


DOSIS PADA ORANG TUA :
Tidak ada penelitian yang spesifik mengenai penggunaan Actifed plus Cough Suppressant pada orang tua. Pengalaman telah menunjukkan bahwa dosis pada orang tua adalah sesuai dengan dosis pada orang dewasa normal, meskipun demikian dianjurkan untuk memonitor fungsi hati dan ginjal. Jika terdapat kurasakan yang serius perhatian harus diberikan.


FARMAKOLOGI / CARA KERJA OBAT

Triprolidine HCl membantu meringakan gejala yang penyebabnya secara keseluruhan maupun sebagian tergantung pada pelpasan histamin. Senyawa dari golongan pyrolidine ini bekerja sebagai antagonis kompetitif untuk reseptor histamin H1 dan mampu menekan sister saraf pusat, sehingga menyebabkan ka
untuk.
Pseudoephedrine mempunyai aktivitas simpatomimetik langsung maupun tidak langsung dan merupakan dekongestan saluran nafas bagian atas.
Dextromethorphan HBr (Actifed plus Cough Suppressant) memiliki kerja antifusif, mengontrol kejang batuk dengan menekan pusat medulari batuk.


FARMAKOKINETIK

Setelah pemakaian 2,5 mg Triprolidine HCl dan 60 mg Pseudoephdrine HCl pada sukarelawan dewsa sehat, konsenstrasi puncak (Cmax) triprolidine kira kira 5,5 ng/mL – 6,0 ng/mL, kurang lebih setelah 1,5 – 2 jam pemakaian obat. Waktu paruh plasma triprolidine kira kira 3,2 jam. Cmax pseudoephedrine kuranglebih 180 ng/mL dengan Tmax kira kira 1,5 – 2 jam setelah pemakaian obat. Waktu paruh plasma pseudoephedrine secara nyata menurun pada peng’asam’an urine dan meningkat pada pem’basa’an urine. Control O-demetilasi secara genetic adalah factor utama dari farmakokinetik dextromethorphan (Actifed pluss Cough Suppressant) pada manusia. Ada dua fenotipe berbeda untuk proses oksidasi ini yang menghasilkan variable farmakokinetik tinggi antara keduanya.


FARMAKODINAMIK

Efek permulaan setelah pemakaian dosis tunggal 2,5 mg Triprolidine HCl pada orang dewasa kurang lebih 1 sampai 2 jam, tergantung pada kemampan induksi antagonis histamin dan kemerahan pada kulit. Puncahk efek kurang lebih setelah 3 jam, dan saat berikutnya adalah penurunan efek , penghambatan secara nyata dari induksi histamin  kemerahan tetap terjadi setelah 8 jam pemberian.
Pseudoephedrine memberikan efek dekongestan setelah 30 menit selama sedikitnya 4 jam.
Pemakaian dosis tunggal 10 – 20 mg dextromethorphan memberikan efek antifusif dalam 1 jam dan berakhir setelah sedikitnya 4 jam.


KONTRAINDIKASI

  1. Lihat kotak peringatan
  2. Penderita dengan gangguan jantung dan diabetes mellitus
  3. Penderita hipersensitif terhadap komponen obat ini


PERINGATAN DAN PERHATIAN

-         Lihat kotak peringatan
-         Hati hati penggunaan pada penderita dengan gangguan fungsi hati dan ginjal, glaukoma, hipertrofi prostat , hipertiroid, gangguan jantung dan diabetes melitus.
-         Tidak dianjurkan penggunaan pada anak adi bawah usia 2 tahun, wanita hamil dan menyusui, kecuali atas petunjuk dokter.
-         Selama minum obat ini tidak boleh mengendarai kendaraan bermotor atau mejalankan mesin
-         Hati hati penggunaan bersamaan dengan obat obat lain yang menekan susunan saraf pusat.


INTERAKSI OBAT

Penggunaan yang bersamaan antara Actifed pluss cough suppressant dengan obat obat simpatomimetik seperti dekongestan, antidepresan trisiklik, penekan nafsu makan, dan psikostimulan sejenis amfetamin atau dengan penghambat monoamine oksidase yang mengganggu katabolisme dari simpatomimetik amin, kadang kadang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah (lihat indikasi, peringatan dan perhatian).
Karena Actifed pluss cough suppressant mengandung pseudoephedrine, Actifed dapat memperlemah sebagian daya kerja hipotensif dari obat yang mengganggu aktivitas simpatetik termasuk bretylium, bethanidine, guanethidine, debrisoquine, methyldopa, dan obat obat penghambat adrenergik beta dan alpha (lihat peringatan dan perhatian). Antibakteri furazolidone diketaui dapat menyebabkan penghambatan monoamin oksidase yang tergantung dari dosisnya. Meskipun tidak ada laporan mengenai terjadinya krisis hipertensi, sebaiknya furazolidone tidak diberikan bersamaan dengan Actifed pluss cough suppressant.
Meskipun tidak ada data yang objektif, penggunaan Actifed pluss cough suppressant bersamaan dengan alkohol atau obat sedatif lainya yang bekerja pada susunan saraf pusat harus dihindarkan


EFEK SAMPING

Mengantuk, gangguan pencernaan ,sakit kepala, insomnia, eksitasi, tremor, takikardi, aritmia, mulut kering, palpitasi dan sulit berkemih.


KOTAK PERINGATAN

·        Tidak Boleh diberikan pada penderita yang peka terhadap obat simpatomimetik lain (missal efedrin, fenilpropanolamin, fenilefrin), penderita tekanan darah tinggi berat, dan yang mendapatkan terapi obat antidepresan tipe penghambat Monoamin Oksidase (MAO).
·        Tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.
·        Hati hati penggunaan pad apenderita tekanan darah tinggi atau yang  mempunyai potensi tekanan darah tinggi atau stroke, seperti pada penderita dengan berat badan berlebih (overweight( atau penderita usia lanjut).
·        Bila dalam 3 hari gejala flutidak berkurang segera hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan
·        Hentikan penggunaan obat ini jika terjadi susah tidur, jantung berdebar dan pusing.


JENIS OBAT

Obat Bebas Terbatas


PENYIMPANAN

Actifed simpanan di bawah suhu 30 0C dan terlindung dari cahaya.
Selalu disimpan didalam kardus.


KEMASAN

Dus, botol plastik 60 mL
Dus, botol plastik 120 mL
Reg.No. DTL9932004337A1



loading...

0 komentar :

Post a Comment