da Puasa itu Menyehatkan Tubuh | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » , » Puasa itu Menyehatkan Tubuh

Puasa itu Menyehatkan Tubuh



Puasa Fasting Healthy


Tubuh yang sehat adalah dalam kondisi yang seimbang. Asupan energi serta gizi yang berlebihan tidak baik, begitu pula ketika asupan energi serta gizi yang kurang juga tidak baik. Makan secara belebihan justru akan merusak tubuh. Dalam kenyataannya organ pencernaan kita membutuhkan istirahat. Dalam aturan agama tidak disebutkan secara pasti berapa jumlah atau berapa kali kita harus makan setiap harinya. Hanya disebutkan bahwa makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum. Juga disebutkan bahwa yang berlebihan itu tidak baik. Lambung atau perut sebaiknya disisakan atau terbagi dalam tiga ruangan. Ruangan tersebut adalah untuk makanan 1/3, untuk minuman atau air 1/3, dan untuk udara 1/3 bagian. Apabila makanan melebihi dari itu maka akan berakibat ketidaknyamanan pada bagian perut. Makanan dapat keluar dari lambung atau kembali ke saluran pencernaan bagian atas dengan rasa panas dibagian perut.  Keadaan tersebut biasa terjadi saat makan terlalu kenyang kemudian dilanjutkan berbaring tidur.

            Dalam satu tahun kita (umat islam) diperintahkan untuk puasa  Ramadhan selama satu bulan penuh. Bila dilihat dengan kacamata kesehatan agenda ini bermanfaat untuk mengurangi beban kerja pencernaan dan untuk mencerna zat zat berbahaya yang ada didalam tubuh. Apabila dalam kondisi sehari hari kita makan secara berlebihan tanpa membiarkan organ pencernaan mencerna makanan tersebut, maka akan terjadi tumpukan zat makanan di organ tubuh. Setiap kali pencernaan belum menyelesaikan pekerjaannya dalam mencerna makanan kemudian datang lagi makanan kloter selanjutnya. Kejadian ini terus berlanjut terus menerus selama manusia tersebut hidup, sehingga zat makanan meng-gunung mengendap didalam tubuh. Oleh karena itu puasa menjadi penting untuk menjaga kondisi tubuh manusia menjadi sehat. Biarkanlah organ pencernaan kita mencerna semua makanan yang tersisa didalam tubuh. Akan tetapi ketika berbuka puasa tidaklah makan secara berlebihan, karena akan menghilangkan manfaat puasa dari  segi kesehatan.
        
    Salah satu Kunci menjaga kesehatan sesuai sunah Rasullullah adalah dengan berpuasa untuk mencerna makanan yang tersisa di dalam tubuh dan makan secara tidak berlebihan, insha Allah tubuh akan sehat.   
           

            

loading...

0 komentar :

Post a Comment