da Planotab tablet | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » » Planotab tablet

Planotab tablet

Informasi obat paten (leaflet) BORNEOSF

PLANOTAB

Levonorgestrel 0,15mg dan Ethinyl Estradiol 0,03 mg

obat planotab - merupakan kotrasepsi oral 


KOMPOSISI
Tiap blister terdiri dari 28 tablet sopialut selaput yang berisi :
21 tablet berwarna putih mengandung 0,15 mg Leonorgestrel dan 0,03 mg Ethinyl Estradiol
7 tablet berwrna putih placebo yang mengandung bahan inert.


CARA KERJA OBAT
Planotab merupakan sediaan kontrasepsi oral yang merupakan kombinasi antara Estrogen (Etinyl Estradiol) dan Progestin (Levonorgestrel). Kombinasi ini merupakan cara untuk mendapatkan sediaan yang efektif, sehingga fluktuasi jumlah hormon yang diberikan selama satu siklus haid normal tanpa kontrasepsi. Dengan pendekatan ini wanita yang menggunakan akan terpapar dengan jumlah dan jenis hormone biasa dialaminya selama satu siklus haid normal dan diharapkan reaksi yang mungkin timbul akan seminimal mungkin.


MEKANISME KERJA
-         Penggunaan sediaan kombinasi yang dimulai pada hari ke-7 siklus haid akan meniadakan kadar puncak FSH dan LH pada pertengahan siklus. Hal ini terjadi karena efek feedback negative terhadap hipotalamus yang mempengaruhi pada normal sekresi gonadotropin. Penurunan kadar gonadotropin ini menyebabkan hambatan ovulasi. Demikian jugamukosa cevix akan menjadi lebih kentalsehingga menyulitkan penetrasi sperma.
-         Penggunaan yang terus menerus dapat mengganggu kontraksi tuba falopi, sehingga perjalanan sel telur dapat terhambat. Selain itu terjadi pada gangguan keseimbangan hormonal sehingga nidasi telur yang telah dibuahi terhambat.
-         Menghambat pematangan sel telur sehingga tidakdapat dibuahi oleh sperma.


INDIKASI
Planotab digunakan sebagai kontrasepsi oral


PASOLOGI
Planotab berisi 28 tablet salut untuk 28 hari, yang terdiri dari : 21 tablet yang mengandung hormone masing masing 0,15 mg Levonorgestrel  dan 0,03 mg Ethinyl Estradiol dan 7 tablet yang mengandung bahan inert.
-         Permulaan pemakaian :
Tunggu periode haid berikutnya. Segera setelah haid datang mulailah makan Planotab dari bagian blister berwarna hijau , sesuai dengan hari dimulainya haid yaitu tablet placebo. Tekanlah pil tersebut sampai keluar melalui lapisan aluminium dan telanlah dengan sedikit air. Lanjutkan minum pil tiap hari mengikuti tanda panah sampai semua pil dalam blister habis. Hendaklah pil diminum pada waktu yang sama setiap hari, harus diikuti setiap hari.
-         Hentikan penggunaan obat dan segera memeriksakan ke dokter bila merasa sakit yang terus menerus pada kaki dan dada, kesukaran bernafas, sakit kepala, muntah muntah, kesukaran melihat / berbicara, perasaan lumpuh atau lemah pda lengan atau kaki, murung, cepat tersinggung, muntah darah, atau gejala gejala lain yang tidak biasa.
-         Bagi yang pertama kali menggunakan jangan mengandalkan efek kontrasepsi sebelum anda meminum 7 tablet aktif. Suatu metode kontrasepsi tambahan tanpa hormone harus diterapkan sampai tujuh tablet aktif telah digunakan untuk memastikan anda benar benar sudah terlindungi dari kehamilan.


KONTRAINDIKASI
-         Hendaknya tidak diberikan pada penderita tromboemboli, tromboflebitis, apopleksi serebri, hipertensi berat, gangguan fungsi hati, anemia hemolitik kronik, perdarahan genitalis yang belum diketahui penyebabnya dan amenore
-         Diduga adanya kanker payudara
-         Diduga adanya neoplasia yang tergantung pada estrogen
-         Diduga andanya kehamilan
-         Riwayat lalu dari kelainan pembeuluh darah pada tromboflebitis atau kelaianan tromboembolik


INTERAKSI OBAT
Penurunan khasiat dan meningkatnya kejadia pendarahan telah dihubungkan dengan penggunaan Rifampisin, hubungan yang serupa telah dianjurkan dengan berbiturat, Fenilbutazon, Fenitoin sodium dan Ampicillin.


PERINGATAN DAN PERHATIAN
-         Harus diperhatikan bahwa risiko kehamilan dapat terjadi apabila terlupa memakan pil pada satu siklus. Pil yang terlupa pada awal siklus resikonya lebih besar dari pada siklus pertengahan atau seterusnya. Apabila satu atau dua pil terlupa, suatu metode pencegahan kehamilan harus dilakukan sampai selesai 1 siklus. Tes kehamilan hendaknya dilakukan apabila menstruasi tidak terjadi pada waktunya. Apabila 3 atau lebih pil terlupa, maka pil selanjutnya dihentikan dan harus dilakukan metode pencegahan kehamilan tanpa hormone selama 2 minggu pada siklus pil baru berikutnya.
-         Pasien yang menggunakan kontrasepsi oral harus melakukan check-up tahunan terhadap tekanan darah, urinalisa lever palpitasi, serum glukosa, lipid level dsb.


EFEK SAMPING
-         Efek samping ringan meliputi raksi nausea, mastalgia, pendrahan antar haid, sakit kepala ringan , udema, perubahan berat bdan, hiperpigmentasi kulit dan exaserbasi acne
-         Anemorhea : setelah penghentian penggunaan kontrasepsi hormonal sering menimbulkan kegelisahan karena kekhawatiran tentang kemungkinan hamil. Lamanya amenorrhea bervariasi dari 2 -3 bulan sampai lebih dari 1 tahun
-         Gangguan metabolisme karbohidrat.
Lebih mudah terjadi pada mereka dengan predisposisi diabetes mellitus. Sering terjadi abnormalits kurva toleransi glukosa oral atau sekresi insulin, meski umumya glukosa darah tidak menunjukkan kelaianan.
-         Gangguan metabolisme lemak dan lipoprotein
Penggunaan kontrasepsi hormonal jangka panjang memungkinkan peningkatan trigliserida plasma dan LDL. Komponen estrogen dapat meningkatkan HDL sedangkan progestin sebaliknya
-         Ganguan pada system darah dan sirkulasi
Gangguan ini terjadi karena perubahan kardiodinamik jantung akibat progestin yang bersifat androgenik atau estrogen yang meretensi air dan elektrolit
-         Perubahan waktu agregasi trombosit, rigiditas eritrosit dan beberapa factor pembekuan darah sering dihubungkan dengan penggunaan kontrasepsi oral kombinasi.
-         Efek teratogenik
Sex steroid dan senyawa lain yang berhubungan dapat menyebbkan efek teratogenik pada jaringan genital. Dosis besar estrogen menyebabkan kegagalan pada saluran reproduksi
-         Payudara menjadi lunak


CARA PENYIMPANAN
Simpan pada suhu di bawah 300C


JENIS OBAT
Obat Keras


KEMASAN
Dus, isis 20 amplop @ 1 blister @ 28 tablet



loading...

0 komentar :

Post a Comment