da Asmasolon tablet antiasma | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » » Asmasolon tablet antiasma

Asmasolon tablet antiasma



ASMASOLON
Bronkodilator
Tablet Antiasma


KOMPOSISI
Setiap tablet mengandung :
Teofilin Anhidrat : 130 mg
Efedrin HCl : 12,5 mg


KEGUNAAN / INDIKASI
Asmasolon digunakan untuk menanggulangi dan meringankan asma bronkial, juga digunakan untuk bronkitis asmatikus, bronkritis kronis yang disertai emfisema, dan emfeisema yang disebabkan oleh spasma bronkus.


ATURAN PAKAI / DOSIS
Dewasa : 1 tablet
Anak anak 6 – 12 tahun : ½ tablet.

FARMAKOLOGI
Asmasolon mengandung kombinasi dua bronkodilator yaitu teofilin dan efedrin. Teofilin merupakan turunan metilxantin yang mempunyaiefek antara lainmerangsang susunan saraf pusat dan melemaskan otot polos terutama mengurangi spasma bronkus.
Efedrin bekerja meransang kedua reseptor Alpha dan beta adrenergik yang meningkatkan aktivitas adenyl cytase dan merangsang produksi cAMP. Pengobatan dengan Asmasolon yang mengandung kedua bronkodilator tersebut akan meringakan sesak nafas.


KONTRAINDIKASI
Penderita yang hipersensitif terhadap teofilin dan efedrin


PERINGATAN DAN PERHATIAN
Hati hati penggunaan pada penderita hipoksemia, penderita gangguan fungsi hati dan ginjal, penderita diatas 55 tahun, terutama pria dan penderita penyakit paru paru kronik.

Hati hati pemberian pada wanita hamil, menyusui, dan anak anak.

Jangan melampaui dosis yang dianjurkan dan bila dlaam 1 (satu) jam gejala gejalanya masih tetap atau bertambah buruk, agar mengubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Dapat terjadi retensi urin pada penderitahipertrofiprostat dan dapat mengiritasisaluran gastrointestinal.


EFEK SAMPING OBAT
Gastrointestinal : mual, muntah, diare.
Susunan saraf pusat : sakit kepala, insomnia
Kardiovaskuler : palpitasi, takikardi, aritmia
Pernapasan : tachypnea
Lain lain : ruam kulit, hiperglikemi.


INTERAKSI OBAT
Penggunaan bersama dengan fenobarbital dan rokok akan mengurangi keampuhan teofilin, sementara itu troleandomisin, lincomisin, eritromisin, clindamisin, simetidine, vaksin influenza, allopurinol dan thiabendazole, kontrasepsi oral akan meningkatkan efek dari teofilin. Rifampisin akan menurunkan serum teofilin.

Penggunaan bersama dengan furosemid, digitalis dan turunan xantin yang lain, fenitoin dan beta adrenergik blocking harus dihindari.

Penggunaan bersama dengan efedrin dan simpatomimetik yang lain mungkin dapat menimbulkan efek tambahan dan meningkatkan toksisitas. Penghambata Monoamine Oksidase (MAO) antidepressan tricyclic, guanethidin dan reserpin jangan digunakan bersama dengan efedrin.


PENYIMPANAN :
Simpan pada suhu kamar (25 – 300C)
Terlindung dari Cahaya


KEMASAN
Tablet, strip isi 4 tablet


loading...

0 komentar :

Post a Comment