da Mencuci Hidung Atau Istinsyaaq Mencegah Sinusitis | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » , » Mencuci Hidung Atau Istinsyaaq Mencegah Sinusitis

Mencuci Hidung Atau Istinsyaaq Mencegah Sinusitis



Mencuci Hidung Atau Istinsyaaq  dapat Mencegah Sinusitis

Dengan melakukan istinsyaaq (memasukkan dan mengeluarkan air ke dan dari dalam hidung di saat berwudhu), insha Allah juga akan menghindarkan seseorang terserang penyakit sinusitis. Sinusitis adalah peradangan rongga rongga udara di sekitar hidung. Jenis sinusitis ada yang akut dan ada pula yang kronis (menahun). Sinusitis akut ditandai dengan adanya demam disertai rasa nyeri di pipi atau dahi dan pilek yang kental berwarna kuning kehijauan. Pilek yang lama dan tak sembuh sembuh disertai ingus kental dan kadang kadang berbau merupakan gejala gejala sinusitis. Dapat pula disertai dengan keluhan hidung tersumbat dan rsa nyeri di kepala terutama pada pagi hari. Pilek yang tidak diobati dengan baik dapat menjadi factor pencetus sinusitis. F actor lain adalah kelainan dari sekat rongga hidung, gigi berlubang, dan adanya sumbatan pada saluran sinus ke hidung sehingga menyebabkan tertahannya cairan atau ingus di dalam rongga sinus. Sinusitis juga memiliki kaitan dengan cuaca atau iklim terutama bagi mereka yang sudah mempunyai dasar alergi hidung.
              Pekerjaaan merupakan salah satu factor resiko terjadinya  sinusitis. Pekerja yang bekerja malam hari beresiko terserang penyakit sinusitis. Demikian pula mereka yang bekerja dengan air seperti sebagai penyelam atau diving. Udara yang dingin serta lembab sebagai salah satu factor pencetusnya. 
              Penyakit sinusitis juga memiliki kaitan dengan penyakit lain, seperti tumor sinus yang memiliki gejala yang sama atau mirip dengan sinusitis. Perbedaanya adalah kualitas gijala tumor sinus lebih berat seperti lebih nyeri, ingus lebih berat seperti lebih nyeri, ingus lebih berbau dan kadang bercampur darah, membengkak dan sebagainya.
              Beda antara sinusitis dengan flu atau pilek. Flu atau pilek hanya mengenai rongga hidung saja, belum menjalar ke sinus. Flu dan pilek hanya merupakan penuebab timbulnya sinusitis. Sedangkan sinusitis hanya merupakan penyakit infeksi saluran nafas biasa. Akan tetapi bila kumannya termasuk “bandel” misalnya pseudomonas dan piosianus atau ditambah tumpangan jamur, maka pengobatannya menjadi sulit.
              Pada orang dewasa factor factor pencetusnya adalah pilek (influenza) yang tak diobati dengan baik, atau karina kelainan sekat rongga hidung, gigi yang berlubang dan adanya sumbatan pada saluran sinus ke hidung. Sedangkan pada anak anak ditambah adanya peradangan pada amandel (tonsillitis) atau adenoid yang membesar.
              Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa menurut sebuah penelitian berkumur ketika berwudhu dapat mencegah penyakit pilek sebanyak 30%. Padahal kita tahu bahwa di antara penyebab munculnya penyakit sinusitis adalah pilek yang tak kunjung sembuh atau tidak diobati. Sehingga berwudhu secara tidak langsung telah mencegah seseorang terkena penyakit sinusitis. Itulah rahasia lain yang tersimpan dalam perintah wudhu bagi kesehatan kita.



loading...

0 komentar :

Post a Comment