da Wudhu) Mencegah Penyakit Pilek / Flu | BorneoS.F
Real Street Assalult clothing
Home » , » Wudhu) Mencegah Penyakit Pilek / Flu

Wudhu) Mencegah Penyakit Pilek / Flu




(Wudhu) Mencegah Penyakit Pilek / Flu

          Ahmad bin salim baduweilan dalam buku At-Tadawi bi Ash –Shalah (2005), menyebutkan bahwa berkumur ketika berwudhu ternyata dapat menvegah penyakit pilek sebanyak 30%. Penelitian bidang kesehatan membuktikan bahwa berkumur dengan air setiap hari dapat mencegah penyakit demam dan pilek pada diri seseorang. Padahal berkumur adalah perbuatan yang dilakukan oleh orang muslim berkali kali dalam sehari ketika ia berwrdhu untuk melaksanakan shalat.
            Penelitian ini juga menjelaskan bahwa berkumur dapat membersihkan tenggorokan dari bakteri dan mikroba sebelum ia menyebar dan menimbulkan penyakit, serta mencegah 30% dari potensi terkena penyakit pilek dan demam. Di satu sisi, berkumur merupakan tindakan perlindungan yang berperan membanu memperbaiki kesehatan secara umum dan dapat menekan pengeluaran ekonomi.
Pilek
            Pilek (rhinitis) sebenarnya adalah peradangan selaput lendir yang melapisi saluran hidung. Peradangan ini biasanya dapat diketahui karena tersumbatnya hidung, ingusan, bersin bersin, ataupun rasa tertekan maupun nyeri pada wajah. Kadang kadang pada tahap awal pemeriksaanatas penderita pilek, dokter  perlu meyakinkan dulu apakah yang diderita oleh pasienya itu benar benar alergi (rhinitis allergica) ataukah pilek lainya.
            Infeksi oleh virus (misalnya virus influenza) yang menimbulkan pilek. Jika infeksi ini berulang terjadi (oleh karena infeksi yang disebabkan oleh berbagai macam virusnya), maka akan berakibat terjadinya pilek oleh satu macam virus yang sepertinya secara terus menerus. Sesudah terserang pilek oleh satu macam virus influenza biasanya untuk waktu lama orang itu tidak terserang oleh virus yang sama karena tubuh telah jadi kebal terhadap virus itu.
            Pilek yang lain disebabkan oleh adanya gangguan anatomi rongga hidung juga dapat menimbulkan pilek yang agak khas, yaitu pileknya hanya muncul jika penderitanya berbaring, menundukkan kepala ataupun menahan kepala. Dari berbagai macam posisi itu pada posisi-posisi tertentu itulah pileknya muncul; jika berganti posisi pileknya berpindah ataupun tak muncul. Pilek yang ini dikenal dengan sebutan rhinitis vasomotorica yang untuk menyembuhkan obat yang dioleskan pada selaput lendiryang tidak dikehendaki adanya itu; obat ini akan “ memakan“ selaput lendir yang mengembang itu.
Wudhu) Mencegah Penyakit Pilek / Flu
            Kemungkinan lain pilek yang diderita adalah sinusitis. Sinusitis yaitu suatu infeksi yang menyerang sinus hidung yakni ruangan di dalam tulang di sekitar rongga hidung. Yang mungkin saja ingus merupakan nanah dari rongga yang terinfeksi itu. Ingius yang seperti itu biasanya berbau busuk.
            Pilek dapat mempengaruhi bau mulut penderita. Itu terjadi karena hidung tersumbat maka cenderung sering bernafas menggunakan mulut. Sehingga memungkinkan mengakibatkan mulut kering dan meningkatkan resiko terjadinya infeksi didalam rongga mulut. Infeksi inilah yang selanjutnya menimbulkan bau mulut.
            Untuk pencegahan terjangkit pilek dapat dilakukan dengan membiasakan diri untuk memperbarui wudhu anda setiap saat. Sebab dengan wudhu anda dapat berkumur atau membersihkan mulut anda dari berbagai macam kotoran akibat sisa sisa makanan yang menempel si sela sela gigi. Seperti yang kita ketahui dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika berwudhu ternyata dapat mencegah penyakit pilek sebanyak 30%.



loading...

0 komentar :

Post a Comment